Cara Panen Sarang Walet Rumahan Yang Sempurna Dan Benar

Cara Panen Sarang Walet Rumahan Yang Tepat dan Benar - Ketika rumah walet sudah memasuki usia 1 tahun lebih biasanya ada beberapa sarang walet yang siap panen dan memang harus di panen alasannya yaitu biasanya kalau tidak di panen sarangnya akan berwarna kekuningan yang mana harga jualnya nanti juga rendah.

Cara Panen Sarang Walet Rumahan Yang Tepat dan Benar Cara Panen Sarang Walet Rumahan Yang Tepat dan Benar

Memanen sarang burung walet bahwasanya sangatlah gampang tidak membutuhkan keahlian khusus, asalkan mau berguru dan mencoba saya yakin niscaya bisa. Saran saya untuk sarang burung walet rumahan jangan memakai metode panen rampasan yaitu memanen semua sarang burung walet walaupun di dalam sarang tersebut ada anak atau terlurnya.

Yang saya sarankan yaitu metode panen pilahan, kita harus menentukan sarang yang betul tepat bentuknya dan tidak ada telur maupun anak di dalam sarang tersebut.

Untuk yang ada telurnya ataupun anaknya kita tunggu hingga anak burung walet tersebut terbang (sarangnya kosong) gres di panen sarangnya. Seperti itu yang saya terapkan pada rumah burung walet biar burung walet yang sudah menjadi penduduk tetap tidak stress dan kabur ke rumah burung walet orang lain.

Jika sudah menemukan sarang burung walet ibarat yang sudah saya jelaskan di atas selanjutnya menyemprotkan sedikit sarang burung walet dengan air higienis memakai hand sprayer biar ketika di panen sarang burung walet tidak patah dan gampang lepas dari papan sirip.

Untuk rumah burung walet yang memakai busa atau gabus lepaskan terlebih dahulu busa gres semprot sedikit air bab bawah sarang walet terus congkel memakai pisau dapur yang tipis atau kapi.

Cara mencongkel sarang burung walet mulai dari bawah dengan sedikit dorongan, kalau sudah lepas kemudian ke bab samping kanan dan kiri, lakukan dengan berhati-hati biar sarang burung walet tidak rusak.

Bagi yang rumah burung waletnya memakai kawat ram parabola atau besek pada papan sirip lakukan dengan hati-hati dan perlahan alasannya yaitu biasanya sarang burung walet sangat lengket, kalau masih lengket semprot lagi sedikit dengan air.

Setelah di panen bekas sarang burung walet tadi kita semprotkan parfum sirip dan di bab samping-sampingnya biar burung walet yang punya sarang tidak terlalu stress kehilangan sarangnya dan cepat merangsangnya kembali untuk membangun sarang.

Sebelum di simpan angin-anginkan sarang burung walet yang tadi di panen biar air bekas semprotan tadi hilang, kalau sudah kering barulah di simpan atau siap dijual.

Demikianlah cara panen sarang walet rumahan yang sanggup saya share sesuai dengan pengalaman pribadi, semoga saja bermanfaat dan salam sukses walet Indonesia. #72

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel